Rabu, 22 Februari 2012

Broadcast RSS Feed Situs/Blog Anda Secara Otomatis ke Media Sosial via Dlvr.it

Dalam tulisan saya kali ini, saya ingin mengenalkan para pembaca semua dengan layanan berbasis web yang gratis tapi keren; Dlvr.it. Fungsi utama Dlvr.it adalah untuk mem-publish rss feed situs atau blog Anda ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Buzz, MySpace, Status.Net, dan Tumblr. Fungsi utama yang ditawarkan oleh Dlvr.it ini sebenarnya sama persis dengan apa yang sudah ditawarkan oleh twitterfeed. Tapi bila kita lihat lebih jauh ke dalam, ternyata dlvr.it punya banyak kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh pendahulunya. Apa saja itu?Let's see ...

1.  Update feed secara otomatis
Fitur ini adalah fitur utama dlvr.it. Dengan fitur ini, kita dapat menyiarkan rss feed dari situs atau blog perusahaan kita secara otomatis ke jejaring sosial pilihan kita. Hebatnya, dlvr.it mengizinkan penggunanya untuk mem-broadcast berapapun feed yang dia mau. No limitation!
2. Lihat statistik
Fitur ini memungkinkan kita untuk melihat performa link-link yang diupdate secara otomatis oleh dlvr.it ke situs-situs jejaring sosial pilihan kita. Parameter yang dijadikan ukuran statistik adalah jumlah klik yang bisa ditampilkan dalam tiga periode waktu yakni "24 jam terakhir", "7 hari terakhir", dan "satu bulan terakhir". Fitur ini ada di panel "Stats" > "Direct".

3. Built in URL shortener
Bagi yang akrab dengan bit.ly, Anda pasti sudah tahu dengan istilah url shortener. Kalau di-indonesiakan, artinya mungkin akan menjadi pemendek url alias penyingkat alamat web. Di beberapa situs jejaring sosial tertentu, seperti twitter, jumlah karakter adalah sesuatu yang sangat penting. Batas 140 karakter per update menghendaki seorang pengguna untuk selalu bersinggungan dengan layanan seperti bit.ly dan sejenisnya. Nah dengan adanya url shortener yang disediakan oleh dlvr.it, pengguna dlvr.it tidak perlu repot lagi untuk mengatur update statusnya agar selalu pas dengan syarat yang sudah diberikan oleh twitter terkait jumlah karakter.

4. Widget atraktif
Jika sudah merasa pas dengan fitur-fitur yang ada di dlvr.it, maka saatnya untuk menempelkan widget yang disediakan oleh dlvr.it ke situs atau blog milik perusahaan Anda. Widget dlvr.it tidak hanya memberikan update terbaru dari rss feed yang Anda broadcast, tapi juga statistik - berdasarkan jumlah klik - untuk link feed tersebut di jejaring sosial. Dengan widget ini, Anda akan mengetahui tulisan/post Anda yang diklik paling banyak di twitter. Keren bukan?

Oke, itu dia 4 fitur keren yang ada di dlvr.it. Nah sekarang saya akan tunjukkan cara menggunakan layanan dengan slogan "You publish. We deliver." ini. 

1. Sign up dulu
Untuk mendaftar di dlvr.it, Anda harus memasukkan alamat email plus password. Anda harus ingat atau mencatatuser dan password tersebut karena Anda akan menggunakannya lagi. Jangan sampai hilang.

2. Masukkan url dari rss feed situs atau blog Anda. 
Untuk hijaudaun7.blogspot.com, url rss feed-nya adalah http://hijaudaun7.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

3. Pilih jejaring sosial yang akan jadi tujuan siaran kita
Dlvr.it menyediakan 7 situs sekaligus sebagai tempat Anda untuk mem-broadcast feed yang sudah Anda pilih: Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Buzz, MySpace, Status.Net, dan Tumblr. Apapun situs jejaring sosial yang Anda pilih, pastikan bahwa Anda memang sudah terdaftar dalam jejaring sosial tersebut.

4. Beri hak akses untuk dlvr.it 
Ketika Anda hendak mem-broadcast feed Anda ke jejaring sosial, mau tidak mau Anda harus mengizinkan dlvr.it untuk mengakses informasi terkait profil Anda atau yang sejenisnya. Jika Anda tidak mau mengizinkan, maka dlvr.it tidak mungkin bisa beraksi untuk Anda.

5. Oke! Selesai.
Nah, sekarang Anda sudah selesai. Mudah dan sederhana bukan? Dengan bantuan dlvr.it, saya harap para pembaca pengusahamuslim.com sudah tidak perlu lagi capek-capek melakukan prosedur copy-paste secara manual kalau hanya untuk memindahkan link-link menarik dari situs/blog perusahaan Anda ke jejaring-jejaring sosial pilihan Anda. Duh, hidup ini memang untuk disyukuri ....... kalau ada yang mudah, kenapa pilih yang susah. Betul tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar